Film Dokumenter Suku Baduy

Mengenal lebih dekat suku Baduy yang berada di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten bisa melalui berbagai media. Salah satunya melalui sebuah film. Film berbentuk dokumenter tentang Baduy ini adalah hasil karya videografer Dandhy Dwi Laksono dan Suparta AZ. Keduanya melakukan perjalanan mengelilingi Indonesia selama setahun sambil membuat film-film tentang permasalahan sosial dan kearifan lokal masyarakat yang dikunjungi. Perjalanan tersebut dinamai Ekspedisi Indonesia Biru. Salah satu yang dihasilkan dalam Ekspedisi Indonesia Biru ini adalah kearifan lokal suku Baduy ini. Berikut trailernya.

Film Dokumenter suku Baduy (trailer)

Film dokumenter suku Baduy ini menceritakan tentang kearifan lokal suku Baduy. Suku Baduy memilih untuk menghindari modernisasi di kehidupan mereka. Konsekuensi logis dari hal tersebut terdapat banyak larangan yang ditujukan kepada suku Baduy. Di antaranya larangan memakai alas kaki, larangan menaiki kendaraan, larangan mengambil foto di kampung Baduy Dalam, larangan memakai pupuk dalam bercocok tanam, larangan menjual padi hasil panen, dan larangan-larangan lainnya yang harus dipatuhi oleh masyarakat suku Baduy. Selengkapnya sila saksikan film dokumenter suku Baduy ini pada tautan di bawah ini. Selamat menyaksikan!

Film Dokumenter suku Baduy (full)

One comment

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai eksplorasi Indonesia yang menarik. Sangat bermanfaat untuk dapat mengetahui Indonesia yang menarik dan penuh dengan suasana baru.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai indonesia yang bisa anda kunjungi di http://indonesia.gunadarma.ac.id/

Leave a Reply