Jalur Ke Baduy Terputus

Jalur ke Baduy Terputus karena sedanga dalam proses perbaikan akibat longsor

Jalur ke Baduy via Ciboleger terputus karena sedang dalam perbaikan akibat longsor beberapa waktu lalu. Akibatnya semua kendaraan dari dan ke arah Ciboleger juga arah sebaliknya tidak dapat melewati jalur ini. Beberapa mobil ELF jurusan Ciboleger-Rangkasbitung pun dan kendaraan pribadi terpaksa memarkirkan kendaraannya tak jauh dari lokasi perbaikan akibat longsor ini. Beberapa penumpang dan sopir ELF pun meneruskan perjalanan menuju ke Ciboleger dengan menggunakan kendaraan roda dua atau ojek.

Lokasi jalur ke Baduy yang terputus ini berada kurang lebih 4 KM sebelum Ciboeger.  Beberapa kendaraan roda dua yang memaksakan untuk melewati jalur ini harus bersusah payah untuk menaklukan jalur utama yang biasa digunakan orang-orang menuju terminal Ciboleger atau bagi yang hendak berkunjung ke Baduy. Hal ini disebabkan jalur yang sempit juga terjal di sisi kanan jalan dipenuh lumpur karena musim hujan.

Tak ada petugas yang dapat ditemui tim Baduy Corner saat hendak mencoba mencari keterangan. Salah seorang warga menyampaikan bahwa perbaikan jalan utama ini sudah lebih dari satu bulan. “Sekitar 5 bulan lagi akan selesai.” Ucap salah seorang warga yang tak ingin menyebutkan namanya saat ditanya berapa lama perbaikan jalur menuju Baduy ini akan selesai.

Jalur ke Baduy via Ciboleger ini adalah jalur utama kendaraan bermotor baik roda dua ataupun roda empat dari Rangkas atau Jakarta menuju Kawasan Wisata Budaya Baduy. Selain jalur utama ini, sebenarnya ada 2 jalur lain yang dapat ditempuh sebagai alternatif bagi yang ingin bepergian menuju Baduy dalam waktu dekat. Berikut 2 jalur tersebut.

Jalur ke Baduy via Cisimeut

Jalur ke Baduy via Cisimeut jalannya memang tak sebagus jalur utama ini, namun jalur ini dapat dicoba karena masih bisa dilewati kendaraan. Sepanjang jalur via Cisimeut ini Anda dapat menemukan beberapa kilometer perkebunan kelapa sawit milik PTPN. Jalur ini dapat ditempuh dari pertigaan Leuwidamar mengambil jalan lurus (tidak belok kanan jika Anda datang dari Rangkas). Jalur ke Baduy via Cisimeut juga dapat ditempuh juga dari Cipanas via Ciminyak.

Jalur ke Baduy via Parigi/Cijahe

Jalur ini adalah jalur belakang. Maka untuk melewat jalur ini, Anda harus memutar ke belakang dengan jarak yang sedikit lebih jauh dari jalur utama. Jalur ini dapat ditempuh dari pertigaan Simpang (setelah pertigaan Leuwidamar) mengambil jalan lurus (tidak belok kiri ke arah Baduy). Sebagian besar jalurnya cukup lebih baik dari jalur ke Baduy via Cisimeut. Hanya saat akan sampai Cijahe, jalannya beraspalnya berganti menjadi jalan berbatu sepanjang 2 KM. Cukup membuat repot bagi kendaraan Anda.

Jika harus memilih, kami merekomendasikan menggunakan jalur Cisimeut sebagai alternatif. Selain karena jalur ini sering dilewati dan lebih familiar, juga karena pada akhirnya jalur ini akan tembus ke terminal Ciboleger. Cukup banyak fasilitas tersedia disana. Lahan parkir kendaraan, minimarket, sinyal telepon, bahan makanan untuk keperluan logsitik, tempat ibadah, dan juga penginapan. Sedangkan di Cijahe semua itu minim sekali bahkan bisa dikatakan hampir ada.

Lokasi Jalur terputus di Google Earth 6.57 LS dan 106.20 BT atau klik https://goo.gl/maps/CZD9XwJUDEm

Lokasi Jalur terputus di Google Earth 6.57 LS dan 106.20 BT

Leave a Reply